Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur Teks Cerita Sejarah - Apa saja struktur teks cerita sejarah ? Apakah sama dengan struktur teks lainnya ? Ini dia struktur teks cerita sejarah : 

1. Pengenalan situasi cerita (orientasi,exposition)
Dalam bagian ini,pengarang memperkenalkan setting cerita baik waktu,tempat,maupun peristiwa.Selain itu,orientasi juga dapat disajikan dengan mengenalkan para tokoh,menata adegan,dan hubungan antar tokoh.

2. Pengungkapan Peristiwa
Pada bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah,pertentangan,ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.

3. Menuju konflik (rising action)
Pada bagian ini terjadi peningkatan perhatian kegembiraan,kehebohan,maupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh.

4. Puncak Konflik (turning point,komplikasi)
Pada bagian ini disebut pula sebagai klimaks.Inilah bagian certa yang paling ditunggu-tunggu dan mendebarkan.Pada bagian ini pula,ditentukannya,perubahan nasib beberapa tokohnya.Misalnya,apakah dia kemudian berhasil menyelesaikan masalahnya atau gagal.

5. Penyelesaian (resolusi,evaluasi)
Sebagai akhir cerita,pada bagian ini berisi penjelasan ataupun penilaian tentang sikap ataupun nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa puncak tadi.Pada bagian ini pula sering dinyatakan wujud akhir dari kondisi ataupun nasib akhir yang dialami tokoh utama.

6. Koda
Pada bagian ini berupa komentar terhadap keseluruhan isi cerita,yang fungsinya sebagai penutup.Komentar yang dimaksud bisa disampaikan langsung oleh pengarang atau dengan mewakilkannya pada seorang tokoh.

Belum ada Komentar untuk "Struktur Teks Cerita Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel