Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. (pedagogik)
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. (pedagogik)
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. (pedagogik)
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. (pedagogik)
Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. (pedagogik)
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. (pedagogik)
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar. (pedagogik)
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. (pedagogik)
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik (pedagogik)
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. (pedagogik)
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal. (pedagogik)
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. (pedagogik)
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. (pedagogik)
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. (pedagogik)
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. (pedagogik)
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. (pedagogik)
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. (pedagogik)
Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. (profesional)
Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. (profesional)
Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. (profesional)
Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. (profesional)
Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. (profesional)
Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. (profesional)
Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. (profesional)
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (profesional)
Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (profesional)
Memahami teori dan genre sastra Indonesia. (profesional)
Memahami teori dan genre sastra Indonesia. (profesional)
Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. (profesional)
Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. (profesional)
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. (profesional)
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. (profesional)
Bagikan Artikel ini
Belum ada Komentar untuk "Kisi-Kisi Mapel Bahasa Indonesia SMP (pretest) UKG Tahun 2017 (Deskripsi Guru Mapel/Keahlian)"
Belum ada Komentar untuk "Kisi-Kisi Mapel Bahasa Indonesia SMP (pretest) UKG Tahun 2017 (Deskripsi Guru Mapel/Keahlian)"
Posting Komentar