Rumus Dasar Excel Yang Wajib Dikuasai Dan Contoh Penggunaanya

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang menggunakan fungsi matematika. Microsoft Excel banyak digunakan di perkantoran untuk membuat data yang membutuhkan perhitungan atau fungsi logika, misalnya untuk membuat data nilai siswa, data gaji pegawai dan masiih banyak lagi. Didalam Microsoft Excel terdapat banyak rumus atau fungsi yang digunakan untuk mengolah data. Pada artikel kali ini, penulis akan memberikan fungsi-fungsi dasar Microsoft Excel yang wajib dikuasai serta contoh penggunaanya.

Rumus Dasar Microsoft Excel

1. SUM

SUM adalah rumus utama yang wajib dikuasai untuk digunakan diperkantoran. Dalam prakteknya, fungsi ini adalah yang paling sering digunakan. SUM berfungsi untuk melakukan penjumlahan data, sama seperti tambah. Akan tetapi jika menggunakan penjumlahan biasa, kita perlu mengetikan kolom setiap kolom yang akan dijumlahkan, tetapi dengan menggunakan SUM, kita cukup memblok data yang akan dijumlahkan.
Rumus SUM adalah :
=SUM(Kolom Awal:Kolom Akhir)
Sekarang kita coba menerapkan rumus SUM didalam Microsoft Excel. Sebelumnya teman-teman buat Table seperti dibawah ini :

Kemudian gunakan rumus SUM untuk menghitung Total Nilai seperti dibawah ini

Kolom yang akan dihitung dimulai dari kolom B2 sampai F2.
Untuk latihan silahkan coba untuk menghitung total nilai dari Tukinem dan Bejo

2. MAX

MAX adalah rumus yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu data. Cara penggunaan MAX hampir sama dengan SUM, yaitu dengan memblok kolom yang akan diolah.
Rumus MAX adalah :
=MAX(Kolom Awal:Kolom Akhir)

3. MIN

MIN adalah kebalikan dari fungsi MAX, jika MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi, MIN digunakan untuk mencari nilai terendah.
Rumus MIN adalah :
=MIN(Kolom Awal:Kolom Akhir)

4. AVERAGE

AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data, penggunaanya masih sama seperti rumus-rumus diatas
Rumus AVERAGE adalah :
=AVERAGE(Kolom Awal:Kolom Akhir)

5. COUNT

COUNT digunakan untuk menghitung banyaknya data, berbeda dengan SUM, jika SUM menghitung nilai dari data, COUNT menghitung jumlah data. Untuk lebih jelasnya ikuti rumus dibawah ini
Rumus COUNT adalah :
=COUNT(Kolom Awal:Kolom Akhir)

Itulah tadi Rumus Dasar Excel, akan sangat memalukan jika tidak menguasai kelima rumus diatas. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Rumus Dasar Excel Yang Wajib Dikuasai Dan Contoh Penggunaanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel