PEMBAHASAN SOAL UN BIOLOGI 2015

SOAL UN BIOLOGI TAHUN 2015



 PEMBAHASAN SOAL UN BIOLOGI TAHUN 2015

1.
C
Dalam kasus ini untuk membuktikan kebenaran diperlukan ahli genetika yang mengkaji tentang penurunan sifat dari oransg tua ke anaknya.

2.
B
Pada gambar tersebut adalah anjing dan kucing, hewan tersebut memakan daging dan gigi taring teradaptasi lebih tajam dan kuat untuk menyobek makanan berupa daging.

3.
B
Gambar tersebut adalah jamur Rhizopus stoloniferus yang termasuk kedalam jamur Zigomycota. Jamur tersebut memiliki ciri hifa bercabang tak bersekat, berkembang secara sexsual maupun asexual dan sporanya disebut zigospora.

4.
C
Penyakit rakhitis terjadi pada tulang karena kekurangan vitamin D, dan AIDS merupakan penyakit kehilangan kekebalan tubuh karena leukosit yang hilang/hancur akibat infeksi HIV.

5.
C
Kedua hewan tersebut memiliki peredaran tertutup artinya darah selalu mengalir didalam pembuluh darah dari/ke jantung, namun pada hewan A (reptile) meskipun jantung memiliki 4 ruang namun belum sempurna sedangkan pada hewan B (mammalia) memiliki jantung dengan 4 ruang dengan sekat sempurna.

6.
A
Ketika telur menetas menjadi mirasidium, mirasidium akan bergerak mencari dan menembus tubuh siput. Di dalam siput akan berkembang menjadi sporosista, sporisista melakukan parthenogenesis menjadi redia dan redia mengalami parthenogenesis menjadi serkaria. Pada tahan ini serkaria meninggalkan tubuh siput dan berubah menjadi metaserkaria kemudian menempel pada rumput.

7.
C
Bryophyta merupakan tumbuhan yang memiliki klorofil dan memiliki bagian-bagian tumbuhan berupa talus (tidak dapat dibedakan antara akar, batang, daun), memiliki bagian seperti akar berupa rizoid, menghasilkan spermatozoid dari anteridium dan ovum pada arekgonium.

8.
A
Untuk memulai pendirian pabrik maka wajib melakukan AMDAL untuk mengetahui sejauh mana potensi kerusakan lingkungan jika pabrik tersebut beroperasi kedepan. Sehingga bisa diketahui lebih awal dan dapat dilakukan pencegahan lebih dini.

9.
C
Bagian yang diberi label X adalah proses amonifikasi yaitu pengubahan nitrogen organilk menjadi amonia.

10.
D
Peranan rubah adalah predator (pemangsa) dari kelinci, tikus dan burung pemakan biji-bijian dan memiliki kedudukan sebagai taraftrofik III,  taraftrofik II yaitu kelinci, tikus dan burung pemakan biji-bijian dan taraftrofik I adalah tumbuhan.

11.
C
Tanaman bakau di pesisir pantai merupakan habitat dari beberapa ikan, dan hewan-hewan lain yang mendukung keberadaan ikan (organisme yang menjadi makanan ikan). Ketikan tanaman tersebut dibabat habis maka populasi ikan akan menurun dan nelayan lebih sulit mendapatkan ikan.

12.
C
Parenkim merupakan jaringan yang tersusun atas sel-sel berdinding tipis, banyak ruang antar sel, berupa sel hidup dan berfungsi sebagai penyimpan makanan, penyimpan udara (aerenkim), tempat fotosintesis pada daun (mesofil). Sedangkan meristem merupakan kumpulan sel yang rapat dan terus membelah berfungsi untuk pertumbuhan tumbuhan. Sklerenkim merupakan sel-sel mati memiliki penebalan yang rata mengandung lignin yang berfungsi sebagai penguat dan saluran air (trakea/trakeid). Korteks adalah bagian anatomis pada batang yang tersusun atas sel-sel parenkim, kolenkim dan sklerenkim.

13.
C
Dari gambar glikoprotein (gugus gula yang menempel pada protein integral) adalah P, dan glikolipid (gugus gula yang menempel pada fosfolipid) adalah R. Kemudian protein perifer (protein yang bagiannya hanya sebagian saja yang muncul dipermukaan atas/bawah) ditunjukkan oleh Q.

14.
D
Bagian yang ditunjuk X adalah reticulum endoplasma kasar (REK). Organel ini memiliki banyak sekali ribosom pada permukaannya sehingga mendukung dan terjadi proses sintesis protein. Sedangkan pencernaan makanan dilakukan oleh lisosom, penimbunan sisa makanan oleh vesikula, respirasi sel dan oksidasi sel dilakukan oleh mitokondria.

15.
E
Pernafasan eksternal dilakukan dalam paru-paru. Ketika menghirup udara maka oksigen akan masuk ke alveolus, oksigen ini jumlahnya lebih banyak (tekanan parsial oksigen lebih tinggi) daripada dalam kapiler darah (tekanan parsial oksigen lebih rendah) sehingga oksigen terdifusi ke dalam kapiler darah. Pada saat itu pula kandungan CO2 dalam darah lebih banyak (tekanan parsial CO2 tinggi) karena hasil metabolisme tubuh sedangkan pada alveolus jumlah CO2 rendah, hal ini menyebabkan CO2 pada kapiler darah keluar menuju alveolus. Peristiwa ini di sebut dengan pertukaran gas oksigen dengan CO2.

16.
C
Bagian yang ditunjuk X adalah bagian Glomerulus yang brfungsi sebagai penyaringan atau filtrasi zat sisa yang ada pada pembuluh darah. Zat sisa ini masih mengandung glukosa dan asam amino yang masih berguna dan dilakukan reabsorbsi pada tubulus proksimal. Pada tubulus distal terjadi sekresi dan penambahan zat lagi sehingga terbentuk urin sesungguhnya dan terkumpul di tubulus kolektivum.

17.
A
Natrium bikarbonat merupakan garam yang bersifat basa, sehingga makanan yang semula asam berubah menjadi basa. Pada kondisi basa ini tripsinogen akan aktif menjadi tripsin.

18.
C
(1)  Vulva berfungsi sebagai saluran kopulasi penetrasi dan pengeluaran janin/darah menstruasi
(2)  Rahim/uterus berfungsi sebagai tempat perkembangan janin
(3)  Oviduk berfungsi sebagai saluran ovum menuju rahim, dan tempat bertemunya ovum dengan sperma
(4)  Fimbriae berfungsi untuk menangkap ovum yang lepas pada saat ovulasi
(5)  Ovarium berfungsi sebagai tempat perkembangan ovum
19.
A
IgM (Imunoglobin Macroglobulin) merupakan antibodi alami dan berperan sebagai respon imunitas awal. IgM diwariskan dari induk dan berkembang pada 20 minggu kehamilan. Cara kerja IgM dengan mengikat antigen tertentu meski tidak terdapat imunisasi karena IgM memiliki avidity yang tinggi.

20.
B
Fungsi Progesteron mempertebal dinding endometrium (dinding rahim).

21.
B
Perubahan posisi tersebut merupakan gerak ekstensor (meluruskan), dimana otot trisep berkonstraksi dan otot bisep melakukan relaksasi.

22.
C
Penyakit yang diderita oleh Ibu adalah anemina (kurang darah), jika darang berkurang makan Hb juga berkurang, fungsi Hb adalah mengikat oksigen, jika oksigen berkurang maka akan timbul rasa cepat lelah.

23.
A
Variabel bebas adalah variabel yang sengaja diubah/dimanipulasi untuk dilihat pengaruhnya. Pada penelitian ini macam-macam pupuk sengaja diubah (A, B, C) untuk dilihat pengaruhnya pada tinggi tanaman, jumlah bunga, dan warna bunga.

24.
B
Pada proses fotosintesis membrane pada X (tilakoid) menerima energi matahari dan melakukan fotolisis menghasilkan energi berupa ATP dan NADPH dan gas O2. Proses ini disebut sebagai reaksi terang. Sedangkan reaksi gelap terjadi pada stroma terjadi fiksasi CO2 dan membutuhkan energi dari hasil reaksi terang. Proses ini menghasilkan karbohidrat.

25.
B
Pada reaksi anaerob hanya menghasilkan 2 ATP, karena tidak tersedia oksigen.  Oksigen sebagai akseptor elektron berperan dalam menghasilkan energi yang besar, dan oksigen diperlukan pada siklus Krebs.

26.
A
Pada proses pengubahan glukosa menjadi 2 PGAL membutuhkan 2 ATP, dan dari 2 PGAL

menjadi asam piruvat menghasilkan 2 NADH dan 4 ATP.
27.
A
Katabolisme merupakan reaksi penguraian bahan organik untuk menghasilkan energi (eksorgenik)
Glikolisis : Proses pengubahan glukosa menjadi asam piruvat, terjadi di sitoplasma dan menghasilkan 2 asam piruvat, 2ATP, dan 2 NADH.
Karboksilasi oksidatif : Proses pengubahan 2 asam piruvat menjadi 2 asetil-KoA, 2 NADH dan 2 CO2 terjadi di dalam mitokondria.
Siklus Krebs terjadi pada matriks mitokondria dan menghasilkan 6NADH, 2FADH2, 2ATP dan 4CO2
Transpor elektron : Terjadi proses kemiosmosis (produksi ATP dari perbedaan konsentrai H+), membutuhkan O2 untuk akseptor, menghasilkan H2O.  Hasil energi 34 ATP.

28.
E
Enzim katalase bekerja optimal pada pH netral (pH=7). Pada pH 7 aktivitas enzim sangat tinggi dibandingkan pada pH asam (pH<7) dan pH basa (pH>7). Grafik yang sesuai dengan keadaan tersebut dapat dilihat pada grafik E.

29.
D
Pada gambar tersebut terjadi pemindahan basa nitrogen pada kromosom yang bukan homolognya.

30.
A
Laki-laki hemofilia (3) berasal dari seorang ayah yang normal (2) dan seorang ibu carier (1).  Laki-laki hemofilia (3) ini menikah dengan perempuan normal (4) sehingga menghasilkan anak laki-laki yang normal (5).
Pembuktian:
P : XHXh (1) ><   XHY (2)
F :

XH
Xh
XH
XHXH (Pr normal)
XHXh (Pr carier)
Y
XH Y (Lk normal)
Y Xh (Lk hemofili)

P2: YXh (3)   ><  XHXH (4)
F2:

XH
XH
Xh
XHXh (Pr carierl)
XHXh (Pr carier)
Y
XH Y (Lk normal)
XH Y (Lk normal)
Semua anak laki-laki memiliki sifat normal (5)

31.
A
P1 : AAbb (merah)     ><     aaBB (putih)
F1 : AaBb (ungu)
P2 : AaBb (ungu)     ><     Aabb (merah)
F2 :

AB
Ab
aB
ab
Ab
AABb (ungu)
AAbb (merah)
AaBb (ungu)
Aabb (merah)
ab
AaBb (ungu)
Aabb (merah)
aaBb (putih)
aabb (putih)
Persentase untuk bunga putih adalah 25%

32.
C
(1) Fosfat
(2) Gula pentosa
(3) Guanin (G)
(4) Timin (T)


33.
B
Transkripsi : Terbentuknya RNAd dari DNA
Translasi : Penerjemahan RNAd oleh RNAt

34.
E
Pembelahan Mitosis
·         Satu sel induk menghasilkan 2 anak (1)
·         Hanya satu kali pembelahan (4)
·         Terjadi pada sel somatik (5)
·         Berperan dalam pertumbuhan aseksual (6)
·         Sifat sel induk sama dengan sel anakan (2n ⟶ 2n)

35.
E
P1 : HHLL  (hitam, halus)   >< hhll  (putih, kasar)
F2 : HhLl (hitam, halus)
P2 : HhLl   (hitam halus)  ><  hhLL (putih, halus)
F2 :

HL
Hl
hL
hl
hL
HhLL
(Hitam, halus)
HhLl
(Hitam, halus)
hhLL
(putih, halus)
hhLl
(putih, halus)
Persentase untuk marmot hitam halus  adalah 50%

36.
D
Teorema hardy-weinberg :
Dalam suatu kondisi tertentu yang stabil, frekuensi alel dan frekuensi genotip suatu populasi akan tetap konstan (sama) dari generasi ke generasi berikutnya dalam populasi yang berkembangbiak secara seksual
Syarat-Syarat Teorema Hardy-Weinberg :
·         Ukuran populasi harus sangat besar
·         Terisolasi dari populasi lain
·         Tidak terjadi migrasi
·         Tidak terjadi mutasi
·         Perkawinan terjadi secara acak
·         Tidak terjadi seleksi alam
Untuk nomor (3) dan (4) tidak sesuai dengan Teorema Hardy-Weinberg.

37.
A
Pernyataan Teori Biogenesis:
Fransesco Redi: Omne vivum ex ovo (semua makhluk hidup berasal dari telur). Kesimpulan dari percobaannya belatung hanya tumbuh dari daging yang disinggahi oleh lalat untuk bertelur.
Lazzaro Spallanzani: Omne ovum ex vivo (semua telur berasal dari makhluk hidup). Kesimpulan dari percobaannya Air kaldu keruh karena tidak steril, disebabkan oleh pertumbuhan kuman dari udara.

38.
C
Salah satu penerapan bioteknologi adalah tanaman transgenik, yaitu penyisipan gen penghasil racun pada tanaman sehingga tanaman tahan hama. Namun penerapan bioteknologi ini menimbulkan dampak negatif karena keseimbangan ekosistem terganggu. Predator populasinya menurun, menyebabkan gangguan terhadap populasi lainnya.

39.
A
Antibodi monoklonal dibuat dengan prinsip pembentukan hibridoma yaitu fusi (penggabungan) sel kanker dengan sel penghasil antibodi.

40.
C
Bakteri Rhizobium sp. memiliki kemampuan mengikat nitrogen bebas di udara dan diubah menjadi senyawa nitrogen organik pada akar tanaman. Bakteri ini dimanfaatkan dalam bidang pertanian tanaman jagung transgenik, sehingga jagung dapat memanfaatkan nitrogen bebas dari udara sehingga pemupukan nitrogen dapat dikurangi.


Belum ada Komentar untuk "PEMBAHASAN SOAL UN BIOLOGI 2015"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel