Prinsip-Prinsip Resensi

Pada dasarnya,resensi bertujuan menginformasikan kualitas sebuah karya atau buku.Jenis buku yang diresensi dapat berupa buku fiksi dan dapat berupa buku nonfiksi baik buku tentang sosial, pendidikan, politik, ekonomi, kebudayaan, maupun biografi.Untuk dapat memberikan penlilaian terhadap sebuah buku yang diresensi,resensator harus memperhatikan betul nilai buku secara objektif.Objektivitas ini sangat penting agar pembaca resensi memperoleh informasi yang objektif juga.

Untuk membuat suatu resensi,penulis harus menetapkan sasaran-sasaran resesnsi yang harus dicapai.Pokok-pokok yang dapat dijadikan sasaran penilaian adalah sebagai berikut.

Latar Belakang
Penulis dapat memulai resensinya dengan menyajikan latar belakang penulisan buku yang diresensi.Pada bagian ini,resensator juga dapat mengemukakan tema buku,maksud yang ingin dsiampaikan penulis buku atau gambaran umum isi buku.

Identitas Buku
Resensator mengemukakan identitas buku,yang mencakup judul,nama penulis,nama penerbit,kota tempat terbit,dan informasi lain yang dirasa perlu.Pada contoh di atas,resensator mengemukakan judul,pengarang,ketebalan buku,penerbit,dan waktu terbit pertama kali,ikhtisar,bahkan gambar sampulnya.

Macam atau Jenis Buku
Resensator mengemukakan jenis buku,apakah fiksi atau nonfiksi.

Kepengarangan
Yang dimaksud dengan kepengarangan adalah bentuk penyajian buku yang dilakukan oleh pengarang,misalnya cara menganalisis masalah yang dilakukan oleh pengarang,cara menyusun kesimpulan,serta gaya bahasa pengarang.Pada bagian ini juga bisa ditampilkan keunggulan pengarang.

Keunggulan Buku
Mengenai keunggulan buku,resensator pertama-tama membahas organisasinya.Yang dimaksud dengan organisasi yaitu kerangka buku,hubungan antara satu bagian dengan baigan yang lain.Apakah hubungan itu harmonis,jelas,dan memperlihatkan perkembangan yang masuk akal.Apakah ada hubungan sebab akibat dari antarbagian.

Penilaian di sini juga bisa mengemukakaan daya tarik buku,keistimewaan buku,kelebihan buku dibanding buku sejenisnya yang lain.Hal itu semua merupakan keunggulan buku yang dapat dijadikan bahan pertimbangan utama pembaca untuk memilihnya.

Kelemahan Buku
Resensator harus jujur bahwa setiap buku pasti ada kelemahannya.Untuk itu,ketika menyampaikan hasil resensi pun,ia harus mengemukakan secar aobjekti apa saja kelemahan buku yang diresensinya.

Ikhtisar
Resensator mengemukakan ikhtisar atau ringkasan isi buku.Sebaiknya,pada bagian ini resensator mengemukakan secara jujur dan objektif tanpa menambahkan hal-hal yang subjektif.Bagian ini biasanya merupakan bagian yang paling banyak.Agar mudah dipahami oleh pembaca,ikhtisar sebaiknya dikemukakan degnan struktur yang mudah diikuti dan dengan bahasa yang baku,jelas,dan komunikatif.

Nilai Buku
Bagian ini,pada dasarnya merupakan kesimpulan kualitas buku setelah dibahas oleh resensator berdasarkan keunggulan dan kelemahan buku.Pada bagian ini,resensator dapat mengemukakan pendapatnya tentang baik-tidaknya isi buku,perlu tidaknya dibaca,fungsinya bagi kelompok pembaca tertentu,dan lain-lain.

Belum ada Komentar untuk "Prinsip-Prinsip Resensi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel