Proposal Gedung dan Buku Perpustakaan
Download Proposal Gedung dan Buku Perpustakaan | Kurikulumpedia
Hallo sahat kurikulumpedia, kali ini saya share contoh proposal pengadaan Gedung Perpustakaan dan Buku. semoga dapat sedikit membantu dalam proses pengajuan kedinas instansi terkait yang sedang mengadakan bantuan kepada sekolah baik itu SD/SMP/SMA Sederajat. Baiklah Berikut ini contoh nya :
NB: Proposal ini juga dapat anda download pada link berikut ini:Proposal Pengadaan Perpustakaan dan Buku.doc
|
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
Email. NPSN : 10809287 NSS : 302120502002
SURAT PENGANTAR
Nomor : 422/ /II.5- SMAN1GDAJI/TB/I/2018
Kepada Yth.
Direktur Pembinaan SMA
u.p.Kasubdit Sarana dan Prasarana
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kementrian Pendidikan Nasional
Gedung B Lantai 3 Kompleks Kementrian Pendidikan Nasional
Jl.RS. Fatmawati Cipete Jakarta Selatan.12410
NO | ISI | LAMPIRAN | KETERANGAN |
1 | Pengiriman Proposal Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaan SMA Negeri 1 gedung Aji Tahun Pelajaran 2017/ 2018 | 1 berkas | Disampaikan dengan hormat agar dapat dikabulakan. Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasaih. |
Gedung Aji, Januari 2018
Komite Sekolah Kepala sekolah
…. Sukeri, S.Pd
NIP. 19710403 200604 1 008
Mengetahui,
a.n. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Lampung
Kepala Bidang Pembinaan SMA
DIONA KATHARINA, S.Sos.,M.Pd.
Pembina
NIP. 197110201991032004
PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
Email. NPSN : 10809287 NSS : 302120502002
Nomor : 422/ /II.5-SMAN1GDAJI/TB/I/2018
Lampiran : 1 (satu) Eksemplar
Perihal : Proposal Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaan
Kepada Yth.
Direktur Pembinaan SMA
u.p.Kasubdit Sarana dan Prasarana
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kementrian Pendidikan Nasional
Gedung B Lantai 3 Kompleks Kementrian Pendidikan Nasional
Jl.RS. Fatmawati Cipete Jakarta Selatan.12410
Dengan Hormat,
Salah satu upaya memberikan pelayanan yang bermutu perlu didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang representatif terutama yang menyangkut kelengkapan sarana penunjang kegiatan pembelajaran berupa Ruang dan Buku Perpustakaan. Untuk itu bantuan menjadi sangat penting dan kami harapkan. Sehingga tujuan sekolah untuk menciptakan pelayanan yang prima dapat segera terwujud.
Demikian permohonan ini dibuat, mengingat pentingnya pengadaan sarana tersebut, besar harapan kami untuk dapat dikabulkan. Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.
Menggala, Januari 2018
Kepala SMAN 1 Gedung Aji
Sukeri, S.Pd.
NIP 19710403 200604 1 008
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
Email. NPSN : 10809287 NSS : 302120502002
LEMBAR PENGESAHAN
PROPOSAL
PENGADAAN RUANG DAN BUKU PERPUSTAKAAN
Gedung Aji, Januari 2018
Komite Sekolah Kepala sekolah
…..................... Sukeri, S.Pd
NIP. 19710403 200604 1 008
Mengetahui,
a.n. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Lampung
Kepala Bidang Pembinaan SMA
DIONA KATHARINA, S.Sos.,M.Pd.
Pembina
NIP. 197110201991032004
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur kepada Allah SWT, atas rahmat dan karuni-Nya, Tim Penyusun Proposal Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaan SMA Negeri 1 Gedung Aji Tulang Bawang telah menyelesaikanpenyusunan proposal tersebut.
Proposal ini berisi latar belakang, dasar, maksud dan tujuan, saran, hasil yang diharapkan, profil sekolah serta lampiran-lampiran yang berkaitan dengan Rencana Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaandi SMA Negeri 1 Gedung Aji.
Proposal ini kami buat dengan segala keterbatasan yang ada sehingga masih banyak kekurangan.Besar harapan kami dapat diterima dan dipertimbangkan untuk dikabulkan.
D. VISI MISI SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Pendidikan bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Oleh karna itu pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu pendidikan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan tujuan nasional.
Seiring dengan arah dan tujuan pendidikan sebagai mana dirumuskan dalam GBHN yang antara lain untuk mengembangkan kualitas sumberdaya manusia yang terarah, terpadu dan menyeluruh, maka diperlukan upaya peningkatan mutu pendidikan disegala jenjang pendidikan, untuk selanjutnya berkaitan dengan upaya tersebut, sekolah perlu merumuskan satu program yang dapat mewujudkan peningkatan mutu tersebut.
SMA Negeri 1 Gedung Aji sebagai salah satu lembaga yang warganya merupakan masyarakat mini (mini society) mengemban amanat serta tugas pendidikan sebagai pelayanan dari peserta didik (klien) yang datang kesekolah untuk mendapatkan pelayanan secara optimal oleh komponen tenaga kependidikan di sekolah yang terdiri dari tenaga kependidikan lainnya yang profesional dan terus menerus berinovasi untuk pengembangan serta kemajuan sekolah.
Konsep sekolah seperti diatas akan menuju kepada sekolah yang efektif, yaitu sekolah memiliki profil yang kuat, mandiri inovatif dan beriklim kondusif bagi warganya untuk mengembangkan sikap kritis, kreativitas, dan motivasi dengan mengikutsertakan orang tua dan masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif.
Untuk mewujudkan sekolah yang bermutu dan efektif diperlukan upaya sadar dan sistematis oleh semua pihak yang berkepentingan terhadap sekolah (school stake holders), yang memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkannya. Upaya sadar yang diperlukan meliputi:
1. Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola dan memperdayakan sumber daya yang tersedia.
2. Meningkatkan kepedulian warga sekolah masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama.
3. Meningkatkan tanggungjawab sekolah terhadap orang tua, masyarakat dan pemerintah tentang mutu sekolah.
4. Meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang akan dicapai.
Untuk merespon kondisi pendidikan dewasa ini, diperlukan pembaharuan program sekolah yang mengarah kepada peningkatan partisipasi berbagai pihak, sehingga sekolah baru seperti SMA Negaeri 1 Gedung Aji yang sangat minim fasilitas, sarana dan prasarana dapat menjadi sekolah yang tidak tertinggal dengan sekolah-sekolah yang sederajat, dan apabila tidak diambil langkah maka akan berdampak kesenjangan yang mencolok antara sekolah perintis dengan sekolah-sekolah yang sudah lama berdidri.
Untuk mendukung program pelaksanaan pembangunan di SMA Negeri 1 Gedung Aji membutuhkan sarana dan prasana. Mengingat fasilitas yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Gedung Aji sangat serba kekurangan, untuk itu kami mengajukan permohonan bantuan untuk melaksanakan Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaandi SMA Negeri 1 Gedung Aji melalui proposal ini.
Proposal ini berisi latar belakang, dasar pemikiran, maksud dan tujuan, sasaran, hasil yang diharapkan, profil sekolah, program sekolah serta lampiran-lampiran .
Dengan pelaksanaan Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaandi SMA Negeri 1 Gedung Aji diharapkan terjadi peningkatan mutu pendidikan dan tahun ajaran yang akan datang SMA Negeri 1 Gedung Aji sudah dapat di wujudkan dan tercapai apa yang menjadi tujuan pendidikan berbasis luas.
B. Tujuan
- Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola dan memberdayakan sumberdaya yang tersedia.
- Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama.
- Meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orang tua, masyarakat dan pemerintah tentang mutu sekolah.
- Meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekoalah tentang mutu pendidikan.
- Meningkatkan pengetahuan siswa dalam berbagai bidang.
C. Sasaran
Pembinaan Olimpiade di SMA Negeri 1 Gedung Aji dengan sasaran antara lain:
- Menambah wawasan siswa dan guru dalam ilmu pengetahuan.
- Meningkatkan mutu/kualitas lulusan SMA Negeri 1 Gedung Aji.
- Memenuhi tuntutan kemajuan Iptek.
D. Hasil Yang Diharapkan
- Peningkatan manajemen sekolah dengan pelaksana KSPBK dan PBK.
- Peningkatan kinerja tenaga kependidikan sesuai dengan kualifikasi setiap bidang studi atau mata pembelajaran.
- Terciptanya proses pembelajaran dan administrasi pembelajaran yang professional dan kondusif.
- Meningkatkan hasil evaluasi yang signifikan setiap tahun pembelajaran dari tahun sebelumnya.
E. Sistematika Proposal
Proposal ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :
BAB. I. Pendahuluan
BAB. II. Profil Sekolah
BAB. III. Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS)
BAB IV Program Pengadaan Buku Pembelajaran dan Pengetahuan Umum
BAB. V. Penutup
Lampiran-lampiran
BAB II
PROFIL SEKOLAH
A. Latar Belakang
SMA Negeri 1 GEDUNG AJI, berlokasi di jalan Kecubung Jaya Kecamatan Gedung Aji, Kabupaten Tulang Bawang, Propinsi Lampung. Memiliki nomor statistik sekolah : 30.1.12.05.02.001
Berdasarkan SK Bupati Tulang bawang No: B/185/II.04/HK/TB/2011 Tanggal 13 Juli 2011
Pada saat Itu dipimpin oleh Jumadi, S.Pd. dan saat ini SMA Negeri 1 GEDUNG AJI di pimpin oleh :
Sukeri, S.Pd.
Upaya peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 GEDUNG AJI telah dilakukan. Untuk mencapai peningkatan mutu, disusun visi, misi dan tujuan sekolah serta strategi peningkatan kualitas proses dan hasil belajar.
Salah satu upaya peningkatan mutu yang dimaksud adalah sebagai sekolah pelaksana terbatas kurikulum KTSP tahun pelajaran 2006.
Dalam pencapaian mutu diatas tidak terlepas dari pembiayaan. Untuk itu warga sekolah terus mengupayakan terpenuhi anggaran yang diperlukan.
B. Pejabat SMA
1. Kepala SMA
1.1. Jumadi, S.Pd. : Priode 2011 - 2015
1.2. Drs. Bambang Suryadi, M.Pd.I. : Priode 2015 - 2017
1.3. Sukeri, S.Pd. : Priode 2017 - Sekarang
2. Kepala Tata Usaha
2.1. Yeni Cahayati : Periode 2011- 2014
2.2. Ida Fitriyanti : Periode 2014 - 2015
2.3. Masdri Siswo : Periode 2015 – sekarang
C. IDENTITAS
1. Identitas SMA
1. Identitas SMA
a. Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Gedung Aji
Alamat : Jl. Kecubung Jaya Gedung Aji Kabupaten Tulang Bawang
No. HP : 081369089493
Kampung : Kecubung Jaya
Kecamatan : Gedung Aji
Kabupaten/Kota : Tulang Bawang
Provinsi : Lampung
NSS : 302120502002
NPSN : 10809287
NIS : 300020
b. Tahun Pendirian : 2011
c. Tahun penegerian : 2011
d. No/Tgl SK : B/185/II.04/HK/TB/2011
e. Kurikulum : 2013
f. Email : semansagedungaji@yahoo.co.id
g. Waktu belajar : pagi 07.15 s.d. 14.15 WIB
h. Akriditasi : C
i. Status tanah : Sertifikat menjadi hak milik PEMDA/Dinas Pendidikan
j. Luas tanah : 19780 m2
2. Identitas Kepala SMA
a. Nama : Sukeri, S.Pd.
b. Nip. : 19710403 200604 1 008
c. Pendidikan terakhir : S-1
d. Jurusan/Ijazah : Pendidikan Bahasa Indonesia
e. Tempat, Tanggal Lahir : Banjar Masin, 03 April 1971
f. Alamat : Kecubung Jaya
D. VISI MISI SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
1. Visi Sekolah
UNGGUL DALAM PENGUASAAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK) BERDASARKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA.
2. Misi Sekolah
· MENINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA.
· MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA.
· MENINGKATKAN PENERAPAN ICT DALAM PEMBELAJARAN.
· MENINGKATKAN MUTU LULUSAN.
· MENINGKATKAN DAYA SERAP PENERIMAAN LULUSAN DI PERGURUAN TINGGI.
· MENINGKATKAN DISIPLIN WARGA SEKOLAH.
· MEMBERIKAN LAYANAN PRIMA KEPADA WARGA SEKOLAH DAN MASYARAKAT.
· BEKERJA SAMA DENGAN MASYARAKAT DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEAMANAN, KETERTIBAN, DAN KEBERSIHAN.
E. KETENAGAAN
1. Wakil Kepala SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI T.P 2017/2018
1.1.Waka Kurikulum : Romy Desmara Fendi, S.Pd.
1.2.Waka Kesiswaan : Novi Usna, S.Pd.
2. Pembina T.P 2017/2018
2.1.Pembina OSIS : Fetri Bertha Diana, S.Pd.
2.2.Pembina Pramuka : Novi Usna, S.Pd.
2.3.Pembina Seni : Masyeni, S.S
2.4.Pembina Olahraga : Sutikno,S.Pd
3. Wali kelas T.P 2017/2018
3.1. Fetri Bertha Diana,S.Pd. Kelas X IPA
3.2. Maryatul Kiptiyah. S.Pd.I Kelas XI. IPS
3.3. Elia Hastuti,S.Pd Kelas XII. IPS
3.3. Hani Suryaningrum, S.Pd Kelas XII.IPA
4. Dewan Guru T.P 2017/2018
4.1. SUKERI, S.Pd
4.2. NOVI USNA, S.Pd.
4.3. FEBRI MARDIANSYA, S.Pd.
4.4. ROMY DESMARA FENDI, S.Pd.
4.5. KUSNADI, S.Mn.
4.6. DEDI IRAWAN, S.Pd.
4.7. SUTIKNO, S.Pd.
4.8. USWAH FADILAH, S.Pd., M.Pd.I.
4.9. ELIA HASTUTI, S.Pd.
4.10. NURDAYATI, S.Pd.
4.11. DESI AMRINA SARI, S.Pd.
4.12. MARYATUL KIPTIYAH, S.Pd.I.
4.13. NURROHMA, S.Pd.
4.14. AYI AMALIA, S.Pd.I .
4.15. YANTI AKSUSILAYANI, S.Pd.
4.16. SRI WAHYUNI, S.E.
4.17. MASYENI, S.S.
4.18. HANI SURYANINGRUM, S.Pd.
4.19. FETRI BERTHA DIANA, S.Pd
4.20. YUNITA SOPHIA, S.Pd.
4.21. ROMYATI, M.Pd.I
5. Staf Tata Usaha T.P 2017/2018
5.1.MASDRI SISWO, S. Pd.I K.TU
5.2.IDA FITRIYANI, S.Pd. Staff TU
5.3.AHMAD SUPRIYADI Penjaga Sekolah
6. Kepala Labor dan Perpustakaan T.P 2017/2018
6.1.IDA FITRIYANI, S.Pd. Kep. Perpustakaan
6.2. ROMY DESMARA FENDI, S.Pd. Kep. Lab. Fisika
6.3. FETRI BERTHA DIANA, S.Pd. Kep. Lab. Kimia & Biologi
Keadaan Guru dan Tata Usaha berdasarkan Jenjang Pendidikan T.P 2017/2018
No | Guru/TU | Jenjang Pendidikan | |||||
SD | SMP | SMA | D3 | S1 | S2 | ||
1 | Guru Tetap | - | - | - | - | 3 | - |
2 | Guru Tidak Tetap | - | - | - | - | 16 | 2 |
3 | Staff TU Tetap | - | - | - | - | - | - |
4 | Staff TU Tidak Tetap | - | - | - | - | 2 | - |
5 | Staff Perpustakaan | - | - | - | - | - | - |
6 | Satpam | - | - | - | - | - | - |
7 | Kbrsihn | - | - | - | - | - | - |
8 | Penjsek | - | 1 | - | - | - | - |
Jumlah | - | 1 | - | 21 | 2 |
F. Jumlah Siswa
No | Kelas | Tahun | |||||
1 | X IPA | XI IPA | XI IPS | XII IPA | XII IPS | ||
2 | 41 | - | - | - | - | 2011/2012 | |
3 | 19 | 41 | - | - | - | 2012/2013 | |
4 | 23 | 18 | - | 19 | 22 | 2013/2014 | |
5 | 21 | 21 | - | 17 | 21 | 2014/2015 | |
6 | 35 | 28 | - | 23 | - | 2017/2018 | |
7 | 15 | 16 | 17 | 18 | - | 2016-2017 | |
8 | 24 | - | 11 | 15 | 15 | 2017-2018 |
G. Kelulusan
Tahun Pelajaran | Jumlah Peserta UN | Prosentase Kelulusan | ||
Peserta | Lulus | Tdk.Lulus | ||
2013/2014 | 41 | 41 | - | 100 % |
2014/2015 | 38 | 38 | - | 100 % |
2015/2016 | 23 | 23 | - | 100 % |
2016/2017 | 17 | 17 | - | 100 % |
H. Bangunan
No | Nama Prasarana | Panjang | Lebar | Persentase Tingkat Kerusakan (%) | Keterangan | |
1 | Kamar Mandi Siswa Laki laki | 3 | 2 | 32,65 | Rusak Sedang | |
2 | Kamar Mandi Siswa Perempuan | 3 | 2 | 32,65 | Rusak Sedang | |
3 | KANTOR | 18 | 8 | 6,14 | Baik | |
4 | PERPUS | 10 | 8 | 4,75 | Baik | |
5 | X.IPA | 8 | 6 | 31,62 | Rusak Sedang | |
6 | XI IPA | 8 | 6 | 36,06 | Rusak Sedang | |
7 | XI IPS | 8 | 6 | 39,48 | Rusak Sedang | |
8 | XII IPA | 8 | 6 | 37,36 | Rusak Sedang | |
9 | XII IPS | 8 | 6 | 32,15 | Rusak Sedang | |
10 | X.IPS | 8 | 6 | 37,36 | Rusak Sedang |
STRUKTUR ORGANISASI
SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Keterangan: : Garis Komando : Garis Kordinasi |
KEPALA SEKOLAH SUKERI, S.Pd. |
KETUA KOMITE HANDRI YUSUF |
KEPALA TU MASDRI SISWO, S. Pd |
WAKA KURIKULUM ROMY DESMRA FENDI, S. Pd. |
KEPALA PERPUSTAKAAN IDA FTRIYANTI, S.Pd. |
GURU |
BP/BK |
WAKA KESISWAAN NOVI USNA, S. Pd. |
SISWA |
BENDAHARA NURROHMA, S. Pd |
BAB III
PROGRAM KERJA
RENCANA INDUK PENGEMBANGAN SEKOLAH
(RIPS)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Gedung Aji
Provinsi : Lampung
Kabupaten : Tulang Bawang
3. Visi Sekolah
Unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) berdasarkan keimanan dan ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa.
4. Misi Sekolah
· Meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa.
· Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa.
· Meningkatkan penerapan ict dalam pembelajaran.
· Meningkatkan mutu lulusan.
· Meningkatkan daya serap penerimaan lulusan di perguruan tinggi.
· Meningkatkan disiplin warga sekolah.
· Memberikan layanan prima kepada warga sekolah dan masyarakat.
· Bekerja sama dengan masyarakat dalam rangka meningkatkan keamanan, ketertiban, dan kebersihan.
2.Tujuan Sekolah
a.Tujuan jangka pendek (2018)
1. Meningkatkan kegiatan pelaksanaan peringatan hari-hari besar keAgamaan
2. Meningkatkan system seleksi penerimaan sisiwa baru dari jumlah NUAN rata-rata terendah 7,50 menjadi 8,00.
3. Memiliki nilai tambah di bandingkan dengan sekolah yang sejenis lainnya.
b. Tujuan jangka menengah (2020)
1. Meningkatkan partisipasi peserta didik untuk mengikuti event lomba dibidang keagamaan tingkat kecamatan hingga kabupaten.
2. Meningatkan sistem seleksi penerimaan murid baru dari jumlah NUAN rata-rata 7,50 menjadi 8,50.
3. Membekali siswa dengan kemampuan ketrampilan akademik serta non akademik sehingga
a. Prosentase melanjutkan kejenjang pendidikan tinggi mencapai 20% - 25%.
b. Prosentase diterima di dunia kerja dengan penguasaan operasional komputer hingga 30%.
c. Tujuan jangka panjang (2022)
1. Menumbuhkembangkan situasi lingkungan sekolah yang kondusif untuk pembelajaran yang bernuansa keagamaan dan kekeluargaan.
2. Meningkatkan pembinaan terhadap siswa baik yang bersifat akademik maupun non akademik sehingga jumlah lulusan memasuki jenjang pendidikan tinggi dan memasuki dunia kerja meningkat.
3. Memiliki kelompok rohani (Islam, Katholik, Kristen, dan Hindu) yang handal yang selalu aktif melaksanakan kegiatan di hari-hari besar keagamaan dan memperoleh predikat juara dalam lomba tingkat kabupaten dan propinsi.
4. Mengembangkan seleksi penerimaan siswa baru yang transparan dan terpecaya dari terendah 7,50 menjadi 8,00.
5. Mengupayakan perluasan dan pengembangan sarana prasarana dengan meningkatkan pemanfaatan ruang praktikum komputer, laboratorium IPA dan perpustakaan.
6. Melibatkan orang tua siswa dan masyarakat untuk berperan serta aktif dalam usaha mengembangkan pendidikan yang mengarah kepada kecakapan hidup dengan sumbang saran, tenaga, dan dana.
7. Mengupayakan pengelolaan administrasi yang rapi, lengkap dan terpercaya.
8. Membudayakan kedisiplinan terhadap seluruh warga sekolah dengan ciri tepat waktu dan tingkat prestasi yang tinggi hingga 90%.
9. Meningkatkan kesejahteraan dan hubungan kekeluargaan antar warga sekolah yang harmonis dan saling hormat menghormati.
3. Sarana/ Kebutuhan Sekolah
a. Aspek Peningkatan Managemen Sekolah
1. Meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan melalui pelatihan.
2. Meningkatkan kualitas kinerjatenaga tata laksana/ tata usaha.
3. Kelengkapan dan keteraturan arsip sekolah.
4. Kerjasama yang positif antar tenaga kependidikan.
5. Menjalin kemitraan dengan lembaga, instansi, dan masyarakat untuk kemajuan kependidikan.
b. Aspek Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pengujian
1. Menyusun silabus pembelajaran, mempersiapkan pelaksanaan KBK.
2. Meningkatkan kemampuan guru melalui MGMP serumpun.
3. Meningkatkan kegiatan praktikum menuju life skill.
4. Pengembangan perangkat dan instrumen evaluasi mata pelajaran.
c. Aspek Pembinaan Kesiswaan
1. Peningkatan kedisiplinan dan ketaqwaan.
2. Pembinaan dan peningkatan prestasi olah raga.
3. Peningkatan tertib upacara bendera dengan membentuk tim paskibra inti putra dan putri.
4. Membekali ketrampilan dan kemampuan mengoperasikan media pendidikan/ komputer.
d. Aspek Pengembangan Fasilitas/ Sarana Prasarana
1. Pembangunan/pemenuhansarana KBM dan perkantoran.
2. Peningkatan daya saing melalui pengadaan sarana berbasis ICT.
3. Pemagaran komplek sekolah.
e. Aspek Lainnya
1. Mendukung pelaksanaan program pembelajaran yang mengacu kepada pendidikan berbasis Budi Pekerti.
2. Mengikutsertakan peserta didik dalam setiap kesempatan (event) melalui :
a. Lomba MTQ dan bidang keagamaan lainnya.
b. Turnamen berbagai bidang olah raga.
c. Lomba KIR, Karya Tulis dan Olimpiade.
d. Lomba kesenian daerah dan nasional.
3. Meningkatkan kesejahtraan tenaga pendidikan.
4. Analisis SWOT
Kekuatan/ keunggulan sekolah (S = Strengh), Kalemahan / kekurangan sekolah (W=Weakness),
Peluang / kesempatan sekolah (O = Oppotuniti) dan Ancaman terhadap sekolah (T = Threat).
No | Level | Kekuatan | Kelemahan | Peluang | ancaman |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
1 | Kelas | -Penjaringan Siswa baru melalui NUAN - Kesadaransiswa untuk hadir di Sekolah - Jumlah siswa setiap siswa sangat memadai - Dukungan moral dari orang tua cukup tinggi | - domosili siswa jauh sedangkan sarana transportasi sangat kurang - motivasi belajar siswa rendah - Minat melanjutkan pendidikan tinggi rendah - | - Peningkatan kedisiplinan - Peningkatan pelayanan bimbingan karir - Peningkatan pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstra kulikuler | - Pengaruhtindakan indisipliner - Pelanggaran terhadap disiplin dan tata tertib - Kian berkurangnya siswa yang melanjutkan ke jenjangpendidikan tinggii |
2 | Profesi | - Kualitas guru78% memadai - Kwalitas guru memadai - Kerjasama antar tenaga pendidikan relatif baik | - Profesionallisme tenaga kependidikan kurang - Ada beberapa mata pelajaran yang diajaroleh guru yang berbeda disiplin ilmunya | - Peningkatan kemampuan profesionalisme tenaga - Pelatihan/ piloting KBK - Peningkatan etos dan disiplin kerja | - Penurunan sikap professional guru |
3 | Manajemen | - Pembagian jam tugas relatif merata - Kerjasama dengan komite sekolah baik - Kerja sama dengan masyarakat dan orang tua baik - Sikap keterbukaan mengelola sekolah - Partisipasi masyarakat cukup baik | - Efektifita kerjasama dengan masyarakat masih kurang - Kekurangan sumber dana pendukung guna peningkatan mutu pendidikan - Antara beban tanggung jawab dan kesejahteraan belum seimbang | - Peningkatan peran serta arga sekolah - Menggali sumber dana yang tidak mengikat - Meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidikan | - Tidak siap melaksanakan tugas karena kurang professional |
4 | Sarana/ prasarana | - Belum tersedianya sarana dan prasarana penunjang KBM berupa labolatorium dan sebagainya. - Lahan kosong cukup luas | - Sarana pendukung ekstrakulikuler masih kurang | - Pembuatan sarana KBM - Pengadaan koleksi perpustakaan - Pengadaan ruang praktek komputer - pengadaan ruang dan sarana laboratorium | - Pelaksanaan KBM tidak bervariasi - Motivasi dan kreativitas tidak berkembang - Prestasi tidak terpacu |
5. Alternatif Langkah – langkah Pemecahan Masalah
a. Untuk mencapai daya serap materi pelajaran hingga rata-rata kelas65%, peningkatan pembelajaran melalui :
1. Pelaksanaan Piloting KBK dipersiapkan
2. Profesionalisme guru ditingkatkan melalui MGMP
3. Motivasi belajar ditingkatkan melalui program remedial dan pengayaan
4. Layanan BK, perpustakaan, dan laboratorium ditingkatkan
b. Pengembangan sekolah dicapai melalui :
1. Kerja sama dengan orang tua dan masyarakat ditumbuh kembangkan
2. Kerja sama dengan instansi terkait dan Dinas Pendidikan ditingkatkan
3. Merintis kerja sama dengan pengusaha terdekat dan dunia kerja
c. Pembinaan kegiatan ekstrakulikuler
1. Kemampuan dan keterampilan Kesenian Daerah
2. Kemampuan dan keterampilan Tari tarian Daerah
3. Kemampuan dan keterampilan Volli Ball
4. Kemampuan dan keterampilan Sepak bola
5. Kemampuan dan keterampilan Basket Ball
6. Kelompok Paskibra yang handal
7. KIR makin digiatkan
8. Menambah fasilitas sarana dan prasarana kegiatan keterampilan
9. Kemampuan dan ketrampilan Palang Merah Remaja
10. Kemampuan dalam kegiatan Olimpiade
d. Suasana belajar yang kondusif
1. Pembinaan keimanan dan ketagwaan
2. Meningkatkan lingkungan yang aman dan nyaman
3. Meningkatkan solidaritas, saling menghormati dan menghargai
BAB IV
PROGRAM PENGADAAN RUANG DAN BUKU PERPUSTAKAAN
1. Pendahuluan
SMA Negeri 1 Gedung Aji dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama bidang pembelajaran dan pengetahuan perlu adanya sumber daya pendukung berupa ketersediaan Ruang Perpustakaan dan buku, sehingga perlu pengadaan Ruang dan buku perpustakaan yang diharapkan dapat memotivasi siswa agar dapat meningkatkan kualitas diri terutama dalam bidang ilmu pengetahuan. Oleh karena itu untuk mencapai kemampuan siswa dalam bidang pengetahuan perlu adanya bantuan dari pihak terkait berupa pengadaan buku pembelajaran.
2. Tujuan
a. Meningkatkan pengetahuan siswa dengan membaca
b. Meningkatkan mutu dan prestasi dibidang IPTEK
c. Mempasilitasi pengembangan minat dan bakat peserta didik melalui pembinaan kegiatan IPTEK
d. Meningkatkan pelayanan dan kelengkapan fasilitas pembelajaran menuju sekolah yang unggul
3. Sasaran
a. Memanfaatkan kemampuan siswa yang terpendam
b. Aktivitas belajar siswa dikelas.
c. Peningkatan kualitas dan dedikasi pembimbing / guru
d. Membentuk siswa berprestasi dalam bidang ilmu pengetahuan
4. Analisis SWOT
a. Faktor Pendukung
- Kemampuan siswa tersedia
- Tenaga guru memadai
- Minat belajar siswa cukup tinggi
- Minat baca siswa tinggi
b. Kelemahan
- Dana pendukung dari masyarakat sangat minim
- Ketersediaan bahan ajar kurang terpenuhi
- Kegiatan pembelajaran kurang terfasilitasi
- Siswa sangat minim pengalamandan pengetahuan berdasarkan eksperimen
c. Peluang
- Meningkatka aktivitas dan variasi kegiatan pembelajaran.
- Meningkatkan kemampuan dan keterampilan khususnya bidang pengetahuan.
- Menyikapi secara positif program unggulan.
- Selalu siap mengikuti event perlombaan bidang pengetahuan.
d. Ancaman
- Kemampuan siswa sangat terbatas dalam hal ilmu pengetahuan.
- Kemampuan siswa menurun dalam prestasi akademik.
- Siswa sangat minim pengalamandan pengetahuan berdasarkan eksperimen.
e. Rencana kegiatan
- Pendataan dan identifikasi
- Membuat usulan dan perencanaan
- Menyusun jadwal kegiatan
- Menyiapkan kegiatan
- Melaksanakan kegiatan
- Mengevaluasi dan melaporkan hasil
f. Pelaksanaan
- Pelaksana : Panitia kegiatan dan pekerja
- Pelaksanaan : Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaan yang
akan dilaksanakan oleh pemerintah.
RENCANA ANGGARAN BELANJA
PENGADAAN BUKU PEMBELAJARAN
DAN PENGETAHUAN UMUM
a. Buku Pembelajaran
No | Nama Buku | Jumlah Perkelas | Jumlah | ||
X | XI | XII | |||
1 | Bahasa Indonesia | 32 | 32 | 32 | 96 |
2 | Biologi | 32 | 32 | 32 | 96 |
3 | Sosiologi | 32 | 32 | 32 | 96 |
4 | Bahasa Inggris | 32 | 32 | 32 | 96 |
5 | Pendidikan Agama | 32 | 32 | 32 | 96 |
6 | Matematika | 32 | 32 | 32 | 96 |
7 | PKn | 32 | 32 | 32 | 96 |
8 | Fisika | 32 | 32 | 32 | 96 |
9 | Geografi | 32 | 32 | 32 | 96 |
10 | Kimia | 32 | 32 | 32 | 96 |
11 | Penjaskes | 32 | 32 | 32 | 96 |
12 | TIK | 32 | 32 | 32 | 96 |
13 | Ekonomi | 32 | 32 | 32 | 96 |
14 | Akutansi | 32 | 32 | 32 | 96 |
15 |
b. Buku Pengetahuan Umum
No | Nama Buku | Jumlah |
1 | Ensiklopedia | 32 |
2 | Budaya dan Humaniora | 32 |
3 | Sosial | 32 |
4 | Bahasa | 32 |
5 | Psikologi | 32 |
6 | Sastra | 32 |
7 | Filsafat | 32 |
8 | Keagamaan | 32 |
9 | Hukum | 32 |
10 | Iptek | 32 |
11 | Ekonomi Umum | 32 |
12 | Kedokteran | 32 |
13 | Kamus | 32 |
* | 32 | |
* Inggris | 32 | |
* Cina | 32 | |
* Mandarin | 32 | |
* Jepang | 32 | |
* Arab | 32 | |
15 | Keterampilan | 32 |
16 | Sejarah Umum | 32 |
BAB V
PENUTUP
Dengan semakin derasnya arus ilmu pengetahuan yang kita rasakan sekarang ini, akan semakin berdampak yang luar biasa untuk dunia pendidikan.Hal ini tentu saja tidak dapat kita hindari karena hal ini merupakan suatu kebutuhan.Semakin terasa oleh kita sebagai lembaga pendidikan betapa pentingnya sarana dan prasarana pendidikan yang baik dan lengkap pada saat sekarang ini.
Untuk memenuhi kebutuhan di atas sangat perlu adanya dana bantuan dari Pemerintah Pusat, Propinsi Lampung maupun Kabupaten serta Steke Holders sekolah guna bersama-sama berpartisipasi untuk memajukan dunia pendidikan
SMA Negeri 1 Gedung Ajisebagai salah satu lembaga pendidikan yang sangat tidak mau tertinggal, dalam hal ini sangat mengharapkan uluran tangan berbagai pihak terutama Pemerintah untuk dapat membantu ketertinggalan yang dirasakan saat ini, yang mana dalam proposal ini SMA Negeri 1 Gedung Aji sangat menginginkan untuk dapat melakukan pengembangan dan pengadaan ruang dan buku pembelajaran dan pengetahuan umumyang diharapkan dapat membantu siswa berprestasi secara langsung ditingkat kabupaten hingga nasional dibidang akademik.
Demikian proposal ini kami buat dan kami sampaikan, atas perhatian san saran demi terkabulnya proposal ini kami mengucapkan banyak terima kasih
Menggala, Januari 2018
Kepala SMA Negeri 1 Gedung Aji
Sukeri, S.Pd
NIP. 19710403 200604 1 008
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 24 TAHUN 2007 TANGGAL 28 JUNI 2007
STANDAR SARANA DAN PRASARANA
UNTUK SEKOLAH DASAR /MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
(SMP/MTs), DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
(SMA/MA)
III. STANDAR SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH
ALIYAH (SMA/MA)
A. SATUAN PENDIDIKAN
1. Satu SMA/MA memiliki minimal 3 rombongan belajar dan maksimal 27 rombongan belajar
2. Satu SMA/MA dengan tiga rombongan belajar melayani maksimal 6000 jiwa.
3. Ruang Perpustakaan
a. Ruang perpustakaan berfungsi sebagai tempat kegiatan peserta didik dan guru memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka dengan membaca, mengamati, mendengar, dan sekaligus tempat petugas mengelola perpustakaan.
b. Luas minimum ruang perpustakaan sama dengan luas satu ruang kelas. Lebar minimum ruang perpustakaan 5 m.
c. Ruang perpustakaan dilengkapi jendela untuk memberi pencahayaan yang memadai untuk membaca buku.
d. Ruang perpustakaan terletak di bagian sekolah yang mudah dicapai.
e. Ruang perpustakaan dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada tabel 4.6
Belum ada Komentar untuk "Proposal Gedung dan Buku Perpustakaan"
Posting Komentar