Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan UN/UNBK SMP/MTs Simpulan Pendapat Pro dan Kontra Terbaru 2018

Teks tanggapan kritis adalah karangan berisi tanggapan kritis terhadap suatu masalah. Tanggapan kritis merupakan tanggapan (komentar) seseorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis. Dalam mengemukakan tanggapan, seseorang harus tajam dalam menganalisis masalah. Selain itu, ia juga harus peka terhadap masalah yang ada. Tanggapan kritis tersebut dapat berupa kritik dukungan pernyataan setuju atau tidak setuju tentang baik buruknya suatu masalah disertai alasan logis. Alasan tersebut harus memberi dukungan atau solusi permasalahan yang dibahas.


Pendapat pro disebut tanggapan kritis positif. Pendapat pro berupa persetujuan, dukungan, optimistis, dan pujian. Sebaliknya, pendapat kontra disebut tanggapan kritis negatif. Pendapat kontra berupa penolakan, kritik, pesimistis, dan keprihatinan.

Contoh Soal Tipe UN dan Pembahasan
1. Bacalah ilustrasi berikut!
Pasar makanan luar negeri mengancam keberadaan makanan tradisional. Kemasan dan strategi pemasaran makanan ala luar negeri lebih menarik. Makanan tradisional kalah bersaing dengan makanan cepat saji ala luar negeri. Makanan tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Makanan tradisional tanpa bahan pengawet. Makanan tradisional lebih sehat daripada makanan cepat saji ala luar negeri. Sebaliknya, makanan cepat saji ala luar negeri menggunakan bahan pengawet. Makanan tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada makanan cepat saji ala luar negeri. Bahannya pun mudah diperoleh.

Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saya setuju mengonsumsi makanan tradisional karena dikemas menarik dan mudah didapatkan di toko-toko.
B. Saya lebih suka mengonsumsi makanan cepat saji ala luar negeri karena tidak perlu repot membuat sendiri.
C. Saya lebih suka mengonsumsi makanan cepat saji ala luar negeri karena kemasannya lebih menarik dan bergengsi.
D. Saya lebih suka mengonsumsi makanan tradisional karena tanpa bahan pengawet dan lebih menyehatkan.

Kunci Jawaban: D
Pembahasan ➠ Tanggapan positif terdapat pada pilihan jawaban D. Kalimat tanggapan positif pada pilihan jawaban A, B, dan C tidak sesuai dengan ilustrasi tersebut.

2. Bacalah ilustrasi berikut!
Sebagian besar remaja selalu mengubah penampilan mereka sesuai perkembangan zaman. Menurut mereka, penampilan adalah nomor satu. Jika kita lihat, remaja Indonesia cenderung mengenakan pakaian modern dan mengikuti gaya berpakaian orang barat. Sebagian besar dari mereka melupakan budaya timur. Bagi mereka berpakaian bukan untuk melindungi tubuh dari panas, dingin, dan gigitan serangga, melainkan untuk tujuan status sosial dan identitas.

Kalimat tanggapan negatif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Menurut saya, remaja Indonesia dalam berpakaian sudah melupakan budaya timur.
B. Menurut saya, remaja Indonesia saat ini suka memburu pakaian impor untuk penampilannya.
C. Menurut saya, berpakaian modern sangat cocok untuk remaja Indonesia masa kini.
D. Menurut saya, berpakaian modern merupakan salah satu bentuk pemborosan.

Kunci Jawaban: A
Pembahasan ➠ Tanggapan negatif berisi keprihatinan dan penolakan. Tanggapan negatif terhadap teks tersebut terdapat pada pilihan jawaban A. Kalimat tanggapan pada jawaban B, C, dan D tidak sesuai dengan isi teks.

Belum ada Komentar untuk "Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan UN/UNBK SMP/MTs Simpulan Pendapat Pro dan Kontra Terbaru 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel