Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan Menentukan Informasi Tersurat Teks UN/UNBK SMP/MTs 2018

ilmubindo.com_ Teks mengandung informasi baik tersurat maupun tersirat. Makna tersurat adalah makna tertulis, eksplisit, atau tampak jelas dalam teks bacaan. Dapat pula dikatakan bahwa makna tersurat adalah makna yang secara langsung dinyatakan dalam teks bacaan.

Kamu dapat menentukan informasi tersurat dalam teks biografi, informasi tersurat tersebut dapat ditemukan pada keistimewaan tokoh dan sifat atau sikap yang dapat di teladani dari tokoh tersebut.

Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan Menentukan Informasi Tersurat Teks UN/UNBK SMP/MTs 2018
Contoh Soal Tipe UN dan Pembahasan
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Ahmad Tohari lahir tanggal 13 Juni 1948 di Tinggarjaya, Kecematan Jatilawang, Bnyumas, Jawa Tengah. Ahmad Tohari berasal dari keluarga santri. Ayahnya seorang kiai dan ibunya pedagang kain. Dari segi ekonomi, kehidupan keluarga Ahmad Tohari tidak kekurangan. Namun, lingkungan masyarakat di sekitarnya mengalami kelaparan.

Ahmad Tohari adalah seorang sastrawan yang terkenal sebagai pengarang trilogi Ronggeng Dukuh Paruk (1982), Lintang Kemukus Dinihari (1985), dan Jentera Bianglala (1986). Karya-karyanya mendapat penghargaan dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Melalui novel Bekisar Merah, Ahmad Tohari meraih Hadiah Sastra ASEAN tahun 1995.

Ahmad Tohari menikah tahun 1970 dengan Siti Syamsiyah. Istrinya bekerja sebagai guru SD. Ahmad Tohari sangat menyayangi anak-anaknya. Dalam mendidik anak-anaknya, Ahmad Tohari menanamkan pendidikan keagamaan sejak dini. Menurutnya, agama merupakan satu-satunya laku utama mewujudkan kecintaan manusia kepada Tuhan dan manusianya. Ahmad Tohari selalu mengajak keluarganya untuk salat berjamaah dan dia sebagai imamnya.

1. Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. penulis novel yang terkenal dengan karya triloginya.
B. penulis novel yang berasal dari keluarga santri
C. pemimpin redaktur majalah Merdeka Jakarta
D. sastrawan yang tanggap terhadap bencana kelaparan

Kunci Jawaban: A
Pembahasan ↪ Biografi berisi paparan kehidupan tokoh sejak kecil sampai tua berikut jasa, karya, dan segala kegiatan baik yang berhasil dilaksanakannya. Ahmad Tohari merupakan sastrawan yang dikenal karena hasil-hasil karya sastranya yang berupa novel. Di antara novel-novelnya, yang terkenal adalah trilogi Ronggeng Dukuh Paruk, Lintang Kemukus Dinihari, dan Jentera Bianglala. Oleh karena itu, keistimewaan dari Ahmad Tohari adalah beliau merupakan penulis yang terkenal dengan karya triloginya.

2. Hal menarik dari tokoh yang dapat diteladani adalah ....
A. Memberikan penghargaan kepada karya anak-anaknya
B. Menjadi imam saat salat berjamaah dengan anak-anaknya
C. Memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif
D. Mengajak keluarganya untuk mengaji secara rutin

Kunci Jawaban: B
Pembahasan ↪ Keteladanan yang ditunjukkan oleh tokoh tersurat dalam cuplikan biografi tersebut, yaitu Ahmad Tohari selalu mengajak keluarganya untuk salat berjamaah dan dia sebagai imamnya. Jadi, jawaban yang sesuai dengan teks biografi tersebut adalah B.



Belum ada Komentar untuk "Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan Menentukan Informasi Tersurat Teks UN/UNBK SMP/MTs 2018 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel