Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan Menentukan Makna Kata/Kalimat dalam Teks UN/UNBK SMP/MTs 2018

Teks atau bacaan mengandung makna dan informasi. Tujuan membaca adalah menemukan makna dan informasi tersebut. Proses menemukan makna dan informasi dalam teks bergantung pada jenis bacaannya. Makna adalah arti atau pengertian yang diberikan terkait suatu bentuk kebahasaan. Makna atau artidapat ditemukan dalam kamus. Kamus yang lazim digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Linguistik, dan Kamus Istilah Sastra. Untuk menemukan makna kata, diperlukan proses membaca memidai.

Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan Menentukan Makna Kata/Kalimat dalam Teks UN/UNBK SMP/MTs 2018
Kata merupakan satuan bahasa terkecil yang memiliki dua unsur, yaitu unsur bentuk dan isi. Unsur bentuk adalah wujud yang dapat ditangkap pancaindra. Unsur isi atau makna adalah wujud yang dapat dipahami oleh pikiran karena dirangsang oleh unsur bentuk. Misalnya, kata mobil adalah unsur bentuk karena dapat ditangkap oleh indra penglihatan. Unsur isi atau makna kata mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Pengertian mobil dari segi bentuk dan isi tersebut yang sesuai dengan kesepakatan pemakai bahasa disebut juga makna leksikal, artinya makna kata sesuai dengan makna dalam kamus.

Selain makna kata, kamu dapat menentukan makna kalimat dalam teks atau bacaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final, dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa. Makna kalimat dalam teks dapat ditentukan berdasarkan konteks dalam teks tersebut. Sebagai contoh, sebuah teks prosedur atau tanggapan deskriptif  terdiri atas beberapa kalimat. Kalimat satu dengan kalimat lainnya harus memiliki satu kesatuan ide. Antarkalimat tersebut harus saling berhubungan atau koherensi. Cara menemukan makna kalimat dalam teks dengan mencari kalimat yang mirip dengan kalimat tersebut. Makna kalimat baru tersebut masih dalam satu kesatuan ide.

Contoh Soal Tipe UN dan Pembahasan
1. Bacalah teks berikut!
Sebanyak sepuluh pelaku usaha kecil menengah di bidang kuliner menerima penghargaan dalam rangka UKM Pangan Award 2012. Penghargaan diberikan oleh Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurti, di Kantor Kementerian Perdagangan. Pemberian penghargaan tersebut dilakukan pada hari Rabu, 3 Oktober 2012. Kesepuluh penerima penghargaan ini berhasil menyisihkan 82 peserta dari 20 provinsi di Indonesia lainnya.

Makna kata kuliner dalam teks tersebut adalah ....
A. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan mengonsumsi makanan.
B. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan jalan-jalan
C. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan pariwisata
D. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan perdagangan

Kunci Jawaban: A
Pembahasan ➪ Kata kuliner merupakan kata baru dalam istilah bahasa Indonesia. Kata tersebut merupakan serapan dari bahasa Inggris culinary yang artinya berhubungan dengan dapur atau masakan. Istilah tersebut selain di kamus dapat kamu temukan di website atau internet. Arti kata tersebut menurut beberapa sumber dalam internet adalah bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan mengonsumsi makanan.

2. Bacalah paragraf berikut!
Sebentar lagi musim penghujan akan segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemprov DKI Jakarta mempelajari berdasarkan hasil evaluasi musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.

Makna kata simulasi dalam paragraf tersebut adalah ....
A. mencoba
B. menghitung
C. memeragakan
D. mengantisipasi

Kunci Jawaban: C
Pembahasan ➫ Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata simulasi mengandung makna memeragakan sesuatu dalam bentuk tiruan. Jadi, jawaban yang sesuai terdapat pada pilihan jawaban C. Pilihan jawaban A, B, dan D tidak tepat karena tidak sesuai arti dalam kamus.

Belum ada Komentar untuk "Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan Menentukan Makna Kata/Kalimat dalam Teks UN/UNBK SMP/MTs 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel