Mendengarkan Berita Dilengkapi dengan Pertanyaan

Kamu tentu sering mendengar berita, baik dari radio maupun televisi. Berita tersebut memuat suatu peristiwa. Kamu dapat dengan cepat menangkap dan memahami isi berita dengan menjawab 5W + 1H, what, who, when, where, why, dan how, yaitu apa yang terjadi, siapa yang terlibat, kapan terjadi, di mana terjadi, mengapa terjadi, dan bagaimana kejadiannya. Setelah menjawab pertanyaan tersebut, diharapkan kamu akan mampu menyimpulkan isi berita dengan mudah.
Dengarkan pembacaan berita berikut ini dengan baik! 
Mendengarkan Berita Dilengkapi dengan Pertanyaan
Pascagempa Yogyakarta, Laboratorium Geospasial dan Ekosistem Pesisir Parangtritis kini mulai direnovasi. Gempa berkekuatan 5,8 skala richter pada 27 Mei 2006 itu menyebabkan banyak tembok, terutama di Kabupaten Bantul, rusak hingga roboh. Namun, tidak demikian dengan gedung di laboratorium milik Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) yang hanya retak-retak. Dijelaskan Ari Dartoyo, dari Pusat Survei Sumber Daya Alam Laut Bakosurtanal, di Jakarta, Rabu (18/4), dengan dana sekitar Rp 800 juta, renovasi dilakukan pada gedung utamayang berbentuk kerucut, bangunan laboratorium, dan ruang pameran.
Fasilitas yang dibangun tahun 2005 ini berfungsi sebagai museum dan ajang pameran yang berkaitan dengan kelautan dan pesisir. Di lokasi itu juga terdapat laboratorium penelitian ekosistem pesisir dan geospasial yang digunakan tidak hanya oleh peneliti Bakosurtanal, tetapi juga mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Di Parangtritis, munculnya gumuk pasir yang berasal dari Gunung Merapi merupakan fenomena langka yang menjadi objek penelitian yang menarik.

Setelah mendengarkan pembacaan berita di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Apa isi berita yang telah disampaikan?
  2. Siapa saja yang terlibat dalam renovasi?
  3. Kapan Ari Dartoyo menjelaskan rencana renovasi?
  4. Di mana renovasi akan dilaksanakan?
  5. Mengapa perlu adanya renovasi?
  6. Bagaimana jalannya renovasi?
  7. Apakah simpulan isi berita di atas?

Belum ada Komentar untuk "Mendengarkan Berita Dilengkapi dengan Pertanyaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel