Contoh Soal Pilihan Ganda Ulangan Harian Materi Teks Eksemplum (Bag. 2)

Kali ini kita akan melanjutkan contoh soal ulangan harian materi Teks Eksemplum. Semoga bisa membantu.

1. Bacalah kutipan teks berikut!
Pada kesempatan ini, aku akan menceritakan pengalaman pribadiku. Aku akan memberikannya sebagai motivasi kepada para pembaca atas pengalaman yang pernah terjadi.

Contoh Soal Pilihan Ganda Ulangan Harian Materi Teks Eksemplum (Bag. 2)

Pernyataan tersebut menjelaskan ....
A. tujuan cerita
B. makna cerita
C. awal cerita
D. pengenalan cerita

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 4.
Ketika itu, aku masih duduk di sekolah menengah pertama (SMP). Aku seorang siswa yang suka menyontek dan agak pemalas. Motivasi belajarku begitu rendah. Aku belajar hanya pada saat-saat ujian. Aku juga terlalu mengharapkan bantuan dari teman, baik itu pada saat ujian ada tugas maupun saat ujian.

2. Selain mengenalkan latar waktu, cuplikan di atas menjelaskan ....
A. karakter aku
B. alur peristiwa
C. insiden-insiden
D. makna atas kejadian

3. Kata-kata yang dapat mewakili cuplikan cerita di atas adalah ....
A. aku memiliki motivasi belajar yang rendah.
B. aku kecewa dengan sikap teman.
C. aku tidak akan mengganggu teman lagi
D. aku terbebani dengan banyak tugas sekolah

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
Semangat rajin belajarku yang kian menggebu-gebu terbawa hingga aku lulus dan melanjutkan ke SMK. Aku berpikir bahwa dengan belajar bersungguh-sungguh akan menghasilkan hasil yang baik yang akan aku nikmati kemudian. Terbukti, aku pun melanjutkan ke perguruan tingg dengan mendapat prestasi yang membanggakan pula. Aku pun bersukur kepada Tuhan atas semua kasih sayang-Nya dalam kehidupanku.

4. Kalimat yang menyatakan sebagai penafsiran dari cuplikan tersebut adalah ....
A. Belajar memerlukan kesungguhan.
B. Untuk melanjutkan sekolah ke SMK harus sungguh-sungguh.
C. Kuliah di perguruan tinggi memerlukan kesungguhan dan prestasi.
D. Orang yang berprestasi pasti belajarnya selalu bersungguh-sungguh.

5. Kalimat yang bisa dijadikan sebagai kelanjutan teks tersebut adalah ....
A. Ketakwaan dan sikap sabar itu ternyata penting dalam kehidupan.
B. Aku sekarang semakin rajin beribadah karena takut tidak berprestasi lagi.
C. Bersyukur itu penting dilakukan oleh setiap orang yang beragama.
D. Tuhan tidak akan menyia-nyiakan usaha hamba-hamba-Nya yang bersungguh-sungguh.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pilihan Ganda Ulangan Harian Materi Teks Eksemplum (Bag. 2)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel