Pembahasan Soal UN IPA Soal Fisika SMP/MTS Tahun 2016
Pembahasan Soal UN IPA Soal Fisika SMP/MTS Tahun 2016 - Soal dan pembahasan UN IPA SMP / MTs Tahun 2016, dibahas bagian mapel fisika/kimia. Pembahasan soal nomor 16-20.
Soal No. 11
Manakah pasangan nama benda langit dengan ciri yang benar?
Manakah pasangan nama benda langit dengan ciri yang benar?
. | Benda Langit | Ciri-cirinya |
A | Bintang | Memancarkan cahaya sendiri |
Komet | Berevolusi terhadap bumi dengan orbit lonjong | |
B | Satelit | Benda langit sebagai pengiring planet |
Meteor | Batuan angkasa yang memasuki atmosfer bumi | |
C | Komet | Berevolusi terhadap matahari dengan orbit lonjong |
Asteroid | Planet kecil yang mengelilingi Yupiter dan Bumi | |
D | Asteroid | Memantulkan cahaya matahari |
Saturnus | Planet terbesar dalam tatasurya |
Pembahasan
Jawaban: B, cukup jelas.
Jawaban: B, cukup jelas.
Soal No. 17
Perhatikan gambar berikut!
Jika waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak A ke B adalah 8 sekon, cepat rambat gelombang tersebut adalah...
A. 2 m/s
B. 4 m/s
C. 6 m/s
D. 8 m/s
Perhatikan gambar berikut!
Jika waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak A ke B adalah 8 sekon, cepat rambat gelombang tersebut adalah...
A. 2 m/s
B. 4 m/s
C. 6 m/s
D. 8 m/s
Pembahasan
Dari gambar dapat diperoleh data panjang gelombang dan periode gelombang.
Panjang gelombang λ = 2 x 4 = 8 m
Periode gelombang T = 8/2 = 4 sekon
Cepat rambat gelombang:
Dari gambar dapat diperoleh data panjang gelombang dan periode gelombang.
Panjang gelombang λ = 2 x 4 = 8 m
Periode gelombang T = 8/2 = 4 sekon
Cepat rambat gelombang:
v = λ/T
= 8/4 = 2 m/s
Jawaban: A
Jawaban: A
Soal No. 18
Seorang pemuda berdiri di antara dua tebing tinggi.
Pemuda tersebut berteriak sehingga bunyi teriakannya memantul pada tebing A dan B. Jika waktu bunyi pantul dari tebing A ke pemuda = 0,5 sekon, maka waktu bunyi pantul oleh tebing B ke pemuda adalah...
A. 0,3 sekon
B. 0,5 sekon
C. 0,6 sekon
D. 1,2 sekon
Seorang pemuda berdiri di antara dua tebing tinggi.
Pemuda tersebut berteriak sehingga bunyi teriakannya memantul pada tebing A dan B. Jika waktu bunyi pantul dari tebing A ke pemuda = 0,5 sekon, maka waktu bunyi pantul oleh tebing B ke pemuda adalah...
A. 0,3 sekon
B. 0,5 sekon
C. 0,6 sekon
D. 1,2 sekon
Pembahasan
Jarak antara anak dan tebing pada kasus bunyi pantul dirumuskan:
Jarak antara anak dan tebing pada kasus bunyi pantul dirumuskan:
d = (v x t)/2
di mana v adalah cepat rambat bunyi di udara dan t waktu pantul.
Untuk dinding A:
d = (v x t)/2
85 = (v x 0,5)/2
170 = 0,5v
v = 170/0,5 = 340 m/s
Untuk dinding A:
d = (v x t)/2
85 = (v x 0,5)/2
170 = 0,5v
v = 170/0,5 = 340 m/s
Karena cepat rambat bunyi di tempat tersebut sama, maka untuk tebing B berlaku:
d = (v x t)/2
102 = (340 x t)/2
204 = 340t
t = 204/340 = 0,6 sekon
Jawaban: C
d = (v x t)/2
102 = (340 x t)/2
204 = 340t
t = 204/340 = 0,6 sekon
Jawaban: C
Soal No. 19
Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 50 cm. Agar ia dapat membaca dengan jelas pada jarak 30 cm, kekuatan lensa kacamata yang diperlukan adalah..
A. 1/3 dioptri
B. 2/3 dioptri
C. 3/4 dioptri
D. 4/3 dioptri
Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 50 cm. Agar ia dapat membaca dengan jelas pada jarak 30 cm, kekuatan lensa kacamata yang diperlukan adalah..
A. 1/3 dioptri
B. 2/3 dioptri
C. 3/4 dioptri
D. 4/3 dioptri
Pembahasan
Kuat lensa kacamata untuk rabun dekat:
P = 100/Sn - 100/PP
Kuat lensa kacamata untuk rabun dekat:
P = 100/Sn - 100/PP
Di mana:
P = kuat lensa kacamata (dioptri)
Sn = titik dekat normal = 25 cm
PP = titik dekat penderita rabun dekat = 50 cm
Sehingga:
P = 100/30 - 100/50
= 10/3 - 6/3
= 4/3 dioptri
Jawaban: D
P = kuat lensa kacamata (dioptri)
Sn = titik dekat normal = 25 cm
PP = titik dekat penderita rabun dekat = 50 cm
Sehingga:
P = 100/30 - 100/50
= 10/3 - 6/3
= 4/3 dioptri
Jawaban: D
Soal No. 20
Perhatikan gambar interaksi bola konduktor bermuatan di bawah ini!
Jika bola konduktor P bermuatan positif, maka gaya interaksi yang terjadi ketika bola P didekatkan bola S, dan bola R didekatkan bola Q berturut-turut adalah...
A. P-S tarik-menarik dan R-Q tarik-menarik
B. P-S tarik-menarik dan R-Q tolak-menolak
C. P-S tolak-menolak dan R-Q tarik-menarik
D. P-S tolak-menolak dan P-Q tarik-menarik
Perhatikan gambar interaksi bola konduktor bermuatan di bawah ini!
Jika bola konduktor P bermuatan positif, maka gaya interaksi yang terjadi ketika bola P didekatkan bola S, dan bola R didekatkan bola Q berturut-turut adalah...
A. P-S tarik-menarik dan R-Q tarik-menarik
B. P-S tarik-menarik dan R-Q tolak-menolak
C. P-S tolak-menolak dan R-Q tarik-menarik
D. P-S tolak-menolak dan P-Q tarik-menarik
Pembahasan
Data:
Dari gambar 1, P (+), maka R (-) karena saling tarik.
Dari gambar 3, R (-), maka S (+) karena saling tarik.
P dan S akan saling tolak.
Data:
Dari gambar 1, P (+), maka R (-) karena saling tarik.
Dari gambar 3, R (-), maka S (+) karena saling tarik.
P dan S akan saling tolak.
Dari gambar 4, S (+), maka Q (+) karena saling tolak.
R dan Q akan saling tarik.
Jawaban: C
R dan Q akan saling tarik.
Jawaban: C
Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Pembahasan Soal UN IPA Soal Fisika SMP/MTS Tahun 2016 dapat bermanfaat untuk sobatku semuanya. Dan jangan lupa share postingan ini kepada temannya yang membutuhkan pembahasan soal ipa pada materi fisika di ujian nasional untuk smp/mts tahun 2016 diatas. Dan cobalah share di facebook ataupun media social lainnya. Sumber: http://fisikastudycenter.com/
Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Soal UN IPA Soal Fisika SMP/MTS Tahun 2016"
Posting Komentar