KI dan KD Ekonomi SMA kurikulum 2013 permendikbud

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR EKONOMI SMA/MA
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensitersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi  Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. 

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui   pembelajaran   tidak   langsung   (indirect   teaching),   yaitu   melalui keteladanan,   pembiasaan,   dan   budaya   sekolah;   dengan   memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.  Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan konsep ilmu
ekonomi.
4.1 Mengidentifikasi kelangkaan dan
biaya peluang dalam memenuhi
kebutuhan.
3.2 Menganalisis masalah ekonomi
dalam sistem ekonomi.
4.2 Menyajikan hasil analisis masalah
ekonomi dalam sistem ekonomi.
KELAS: XI

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi  Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. 

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui   pembelajaran   tidak   langsung   (indirect   teaching),   yaitu   melalui keteladanan,   pembiasaan,   dan   budaya   sekolah;   dengan   memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.2 Menganalisis  konsep pertumbuhan
ekonomi dan pembangunan
ekonomi serta permasalahan dan
cara mengatasinya.
4.2 Menyajikan hasil temuan
permasalahan pertumbuhan
ekonomi dan pembangunan
ekonomi  serta cara mengatasinya.
3.3 Menganalisis permasalahan
ketenagakerjaan dalam
pembangunan ekonomi.
4.3 Menyajikan hasil analisis masalah
ketenagakerjaan dalam
pembangunan ekonomi dan cara
mengatasinya.
3.4 Menganalisis indeks harga dan
inflasi.
4.4 Menyajikan hasil analisis indeks
harga dan inflasi.
3.5 Menganalisis kebijakan moneter
dan kebijakan fiskal.
4.5 Menyajikan hasil analisis kebijakan
moneter dan kebijakan fiskal.
3.6 Menganalisis APBN dan APBD
dalam pembangunan ekonomi.
4.6 Menyajikan hasil analisis fungsi
dan peran APBN dan APBD dalam
pembangunan ekonomi.
3.7 Menganalisis  perpajakan dalam
pembangunan ekonomi.
4.7 Menyajikan hasil analisis fungsi
dan peran pajak dalam
pembangunan ekonomi.
3.8 Mendeskripsikan kerja sama
ekonomi internasional.
4.8 Menyajikan bentuk dan manfaat
kerja sama ekonomi internasional.
3.9 Menganalisis konsep dan kebijakan
perdagangan internasional.
4.9 Menyajikan hasil analisis dampak
kebijakan perdagangan
internasional.


Belum ada Komentar untuk "KI dan KD Ekonomi SMA kurikulum 2013 permendikbud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel