Pertanyaan yang Sering Diajukan dan Penjelasannya (FAQ Bagian 2)
Yth. Bapak/Ibu Operator Dapodik SMA-SMK
di Seluruh Nusantara
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menindaklanjuti  banyaknya permasalahan yang berkembang yang ditanyakan diberbagai forum  dan Aplikasi Helpdesk, maka untuk sekaligus menjawab dan memberikan  penjelasan akan kami sampaikan melalui informasi di berita ini.  Penjelasan akan kami sampaikan secara bertahap dan berseri sesuai dengan  urgensi dan trending topik dari permasalahannya. 
Berikut bebepara permasalahan dan penjelasan yang kami sampaikan:
Proses Periodikal
1. A:  Kelas XII Tahun Ajaran 2015/2016 sudah lulus pada saat ini, apakah  proseskelulusan juga sudah dapat dilakukan di Aplikasi Dapodik sma smk ?
 Q:  Lakukan proses kelulusan  kelas XII Tahun Ajaran 2015/2016  nanti di  tahun ajaranbaru, yaitu di luluskan pada semester Ganjil Tahun Ajaran  2016/2017 sebagaimanatelah dijelaskan pada Buku Panduan Sukses  Implementasi Dapodik SMA-SMK pada  BAB X Proses Lanjutkan Semester, Kenaikan Kelas dan Kelulusan.
Pembelajaran
2. A:  Pada saat mengisi  menu pembelajaran untuk SMK pada mapel yang ada  tandapetik dua (teknik fusion) tidak dapat di simpan,  apa yg harus  dilakukan?
 Q:  Lakukan sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK kemudian lakukan  refresh(ctrl + F5), maka selanjutnya dapat memperbaiki data pada menu  pembelajaran pada  mapel dimaksud.
3. A:  Pada saat mengisi  menu pembelajaran untuk SMK jurusan tertentu, mapel  Fisikadan Kimia belum ada (di referensi belum tampil),  apa yg harus  dilakukan?
 Q: Lakukan sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK kemudian lakukan refresh(ctrl + F5), maka selanjutnya dapat memperbaiki data pada menu pembelajaran pada  mapel dimaksud. Untuk diperhatikan pengisian data Rombongan Belajar harus diisi  dengan lengkap dan benar, utamanya data program keahlian/paket keahian. Berikut  ketentuan pengisian data program keahlian/paket keahian untuk  SMK:
 a) SMK KTSP
  - Kelas X, XI dan XII = Paket Keahlian
 b) SMK Kurikulum 2013
  - Kelas X = Program Keahlian
  - Kelas XI dan XII = Paket Keahlian
PTK
4. A:  Data NUPTK yang diisikan pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK yang berawalan  angka 0 (nol) misalnya: 0745735637200002 dan disinkronisasi, angka  0  (nol) pada awalan data NUPTK jadi menghilang, apa yang harus dilakukan?
 Q: Melaporkan melalui Aplikasi Helpdesk (http://helpdesk.dikmen.kemdikbud.go.id/)pada klasifikasi "NUPTK" dengan menyertakan: 
 1. NPSN
 2. Nama
 3. NUPTK (yang benar)
 4. screenshoot dari Aplikasi Dapodik SMA-SMK menu PTK yang data NUPTK hilang  awalan angka 0 (nol) nya 
Demikian informasi dari kami dan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.
PERHATIAN: 
Dalam  pengisian data di Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** utamanya pada menu  Rombongan Belajar dan Pembelajaran, HARUS memperhatikan dan mengikuti  rambu-rambu yang telah dijelaskan di Buku Panduan Sukses Implementasi  Dapodik SMA-SMK 8.4.0
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam Satu Data,
Admin Dapodik SMA-SMK
Belum ada Komentar untuk "Pertanyaan yang Sering Diajukan dan Penjelasannya (FAQ Bagian 2)"
Posting Komentar