Pengertian Domain, Hosting, URL, HTTP, WWW Dan FTP Serta Contohnya

Seperti yang kita ketahui, untuk mengakses sebuah website, pada dasarnya yang kita hubungi adalah IP Address dari komputer tersebut. Akan tetapi karena untuk mengingat barisan angka IP Address itu sangat sulit, sehingga munculah solusi dengan menerjemahkan IP Address tersebut kedalam sebuah Nama Domain dengan menggunakan DNS. Untuk mengerti lebih lanjut tentang DNS, penulis sudah pernah membahasnya pada artikel yang lalu. Kali ini, penulis akan membahas isi dari domain tersebut serta hal-hal yang berhubungan dengan nama Domain.

Pengertian Domain

Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan sebagai identifikasi nama server komputer seperti web server maupun mail server. Domain adalah nama yang digunakan untuk menggantikan deretan IP Address agar mudah diingat. Domain juga sering kali disebut sebagai URL yang merupakan sebuah kesatuan dari website. Jadi dengan adanya domain, kita tidak perlu repot-repot mengingat IP Address. Tetapi kita juga tetap dapat mengakses komputer tersebut menggunakan IP Address.
Contoh dari domain adalah 
tutorialkomputerlengkap.com

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah layanan penyewaan ruang / space untuk menyimpan data-data tertentu di internet. Salah satu layanan hosting yang sering dipakai adalah Web Hosting, yaitu sebuah layanan yang menyediakan tempat untuk website. Web hosting biasanya menyediakan sebuah alamat yang disewakan kepada perorangan atau perusahaan. Alamat tersebut kemudian diterjemahkan menjadi Domain yang dipesan oleh penyewa domain.

Pengertian URL (Uniform Recource Locator)

Uniform Recource Locator adalah sebuah deretan karakter yang menunjukan lokasi dari data yang akan diakses. Seringkali, URL disamakan dengan Domain, tetapi sebenarnya URL lebih dari itu, karena URL menunjukan secara lengkap lokasi dari data yang akan diakses. Contohnya untuk mengakses halaman yang spesifik dari suatu website.
Contoh dari URL adalah 
http://www.tutorialkomputerlengkap.com/2016/01/rekomendasi-bahasa-pemrograman-yang.html

Pengertian HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

Jika URL menunjukan secara keseluruhan dari suatu halaman website, HTTP merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengakses isi dari halaman HTML. Halaman HTML adalah sebuah halaman yang dibuat menggunakan bahasa Markup. Untuk mengakses HTML digunakan metode HTTP. HTTP adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol.
Saat ini ada satu metode yang aman untuk mengakses sebuah halaman HTML yaitu menggunakan metode HTTPS atau Secure HTTP

Pengertian WWW (World Wide Web)

WWW adalah singkatan dari World Wide Web. WWW seringkali disalah artikan sebagai Internet, tetapi sebenarnya WWW hanya sebagian dari internet. WWW adalah sebuah sistem dokumen yang memiliki format hypertext yang saling terhubung satu sama lain, dokumen tersebut berisi informasi, tulisan, gambar, video, dan multimedia lainya, agar yang ada didalamnya dapat diakses melalui web browser. WWW banyak disalah artikan sebagai internet karena hampir sebagian besar dokumen yang diakses oleh masyarakat menggunakan format hypertext, dan untuk membukanya digunakan WWW.
Contoh pengguanaanya adalah sebagai berikut
www.tutorialkomputerlengkap.com

Pengertian FTP

File Transfer Protocol adalah sebuah fasilitas di internet yang menyediakan layanan untuk Upload dan Download file melalui internet. Metode pengiriman menggunakan FTP sebenarnya tidak aman, karena file yang digunakan tidak di-enkripsi terlebih dahulu.

Itulah tadi pembahasan tentang Domain, URL, HTTP, WWW dan FTP. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Domain, Hosting, URL, HTTP, WWW Dan FTP Serta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel